Bagaimana Cara Menghitung Masa Subur

Masa subur wanita yang dapat ditentukan dari siklus menstruasi yang terjadi setiap bulannya menjadi sebuah acuan seorang wanita untuk mengetahui masa subur, namun bagaimana cara menentukan atau mengetahui masa subur itu akan tiba?? Umumnya para wanita atau istri menggunakan sistem kalender dan mencatat setiap siklus menstruasi yang terjadi setiap bulannya, berikut cara untuk menghitung masa subur wanita dengan sistem kalender :

- Menghitung masa subur wanita dengan menggunakan kalender merupakan cara umum yang alami yang biasa dilakukan oleh para wanita. Namun cara ini biasanya dilakukan oleh para wanita yang memiliki siklus menstruasi yang lancar dan teratur. Cobalah untuk mencatat siklus menstruasi anda dalam 3 bulan terakhir secara berturut-turut mulai dari tanggal hari pertama menstruasi. Akan tetapi pada sebagaian wanita yang tidak memiliki siklus menstruasi yang teratur setiap bulannya menjadi kesulitan apabila ingin mencatat siklus mesntruasi sehingga kesulitan pula untuk menghitung atau mengetahui masa suburnya.

- Perhitungan masa subur ini berdasarkan masa subur atau saat terjadinya ovulasi pada hari ke-14 dari menstruasi yang akan datang dan dikurangi 2 hari, hal ini dilatar belakangi oleh sel sperma yang hanya dapat hidup selama 2 hari di dalam rahim wanita setelah ejakulasi dan sel telur hanya bertahan hidup dalam kurun waktu 1 hari setelah ovulasi.

Bila siklus menstruasi normal dan teratur setiap bulannya (28 hari) :

- Hari pertama dalam siklus menstruasi dihitung sebagai hari ke-1
– Masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke-16 dalam siklus mnstruasi

Contoh :

Seorang wanita yang mendapat menstruasi pada tanggal 9 Agustus (dihitung sebagai hari ke-1 menstruasi), hari ke-12 jatuh pada tanggal 20 Agustus dan hari ke-16 jatuh pada tanggal 24 Agustus. Jadi masa subur yakni sejak tanggal 20-24 Agustus.

Bila siklus menstruasi tidak teratur :

- Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18
– Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11

Contoh :

Seorang wanita mendapatkan menstruasi dengan keadaan : siklus terpendek 26 hari dan siklus terpanjang 32 hari (mulai hari pertama menstruasi sampai menstruasi berikutnya).

Perhitungannya: 26-18 = 8 dan 32-11 = 21. Jadi masa suburnya adalah muali hari ke-8 sampai hari ke-21 dari hari pertama menstruasi.


=====================================

>>> Alat Uji Masa Subur Ovutest Scope, Cukup Satu Alat Untuk Seumur Hidup! Hasil 98% Akurat dan Cepat, Lebih Praktis Hanya Dengan Air Liur, Klik Detail Disini!
=====================================

This entry was posted in Cara Menghitung Masa Subur Pada Wanita and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>