Cara Menghitung Masa Subur

Cara Menghitung Masa Subur – Ketika beberapa bulan menikah tetapi belum ada tanda kehamilan maka sebaiknya tetap tenang tidak langsung menyimpulkan ada masalah pada kesuburan kemungkinan kesalahan terjadi karena pada waktu yang kurang tepat. banyak pasangan muda atau baru yang belum mengetahui banyak hal dengan kehamilan, sehingga pada saat sudah mengharapkan kehamilan tetapi tidak kunjung datang menyimpulkan ada masalah kesehatan yang berkaitan dengan kesuburan. Tidak kunjung hamil bisa disebabkan oleh banyak aspek, yang salah satunya karena faktor waktu berhubungan intim yang kurang tepat sehingga sel sperma tidak dapat membuahi sel telur. Sel sperma tidak bisa membuahi sel telur karena disebabkan oleh sel telur yang tidak siap. Sel telur hanya bisa dibuahi di waktu tertentu saja karena masa ovulasi hanya bertahan selama 12 sampai 24 jam jadi apabila melewati masa ini tidak akan terjadi pembuahan atau hanya kecil kemungkinan. Masa tersebut juga dikenal dengan masa subur, jadi jika ingin cepat hamil harus ada pembuahan di masa subur.

Jika berhubungan di saat masa subur maka kemungkinan besar untuk hamil karena sel telur baru di lepaskan jadi sel sperma yang masuk bisa membuahi sehingga terjadi kehamilan. Masalah seperti ini banyak yang tidak mengetahuinya sehingga usaha untuk hamil akan gagal. Masa subur yang terjadi hanya sesaat tersebut bisa ditentukan melalui berbagai macam cara sehingga jika mengetahui caranya bisa merencanakan kehamilan dengan mudah bahkan jika untuk mencegah kehamilan pun bisa dilakukan secara alami tanpa perlu menggunakan alat kontrasepsi. Ada cara menghitung masa subur sekaligus cirinya sehingga bisa mengalami masa subur jika ingin hamil atau pun mencegah kehamilan.

Sebelum mengetahui masa subur maka ada siklus haid yang perlu diketahui, siklus haid ini proses dimana terjadinya menstruasi di hari pertama sampai hari ke pertama haid lagi tetapi di bulan selanjutnya karena siklus haid di hitung dengan cara seperti itu. siklus haid yang normal 21 sampai dengan 35 hari lamanya. Di siklus tersebut dari hari pertama haid, sampai ke hari pertama selanjutnya ada proses yang dialami, dari mulai haid, persiapan membentuk sel telur, mempersiapkan rahim, masa subur sampai terjadinya haid lagi jika tidak ada pembuahan.

Cara Menghitung Masa Subur

Untuk menghitung masa subur ada beberapa cara yang bisa dilakukan baik dengan cara manual atau pun dengan menggunakan alat tertentu. Dibawah ini cara menghitung masa subur :

  • Cara menghitung masa subur pertama dengan mencari tahu siklus haid seperti yang disebutkan sebelumnya. mengetahui masa subur dengan selalu mencatat kapan terjadinya pertama haid sampai pada bulan selanjutnya. Karena setiap wanita memiliki siklus haid yang berbeda beda ada yang pendek dan ada pula yang panjang. Jika sudah mengetahui siklus haid maka bisa memprediksi dengan mudah kapan masa subur berlangsung. Untuk siklus yang normal masa subur bisa di hari ke 14 dimana sudah ada pelepasan sel telur sehingga jika berhubungan intim di saat seperti ini bisa berpotensi untuk hamil, tetapi jika ingin mencegahnya tidak dilakukan.
  • Cara menghitung masa subur dengan menghitung kalender. Tidak jauh berbeda dengan cara diatasi. Caranya dengan menandai setiap hari terjadinya menstruasi sejak pertama kali sampai bulan berikutnya. Setelah mendapatkan perkiraan tanggal, hitung mundur sebanyak 12 hari lalu ditambah hitungan mundur sebanyak 4 hari. Anda dikatakan sangat subur dan kemungkinan akan berovulasi selama rentang lima hari ini.
  • Cara menghitung masa subur juga dengan menggunakan alat. Karena zaman sudah sangat maju sehingga ada alat yang bisa digunakan untuk prediksi ovulasi. Dengan alat ini bisa ditentukan kapan terjadinya pelepasan sel telur atau terjadinya masa subur wanita. tidak sulit mendapatkan alat seperti ini karena mudah ditemukan di apotek.
  • Cara menghitung masa subur dengan kalkulator. Bukan kalkulator pada umumnya tetapi kalkulator masa subur itu pun tidak dalam bentuk fisik sebab cara ini biasanya ditemui di situs online. Cara menggunakan alat ini hanya cukup memasukkan siklus haid lalu hasil bisa langsung diketahui. Sebaiknya siklus haid normal sehingga akan lebih akurat hasilnya.

Jika ingin merencanakan kehamilan selain dengan mengetahui masa subur dengan metode yang telah disebutkan diatas juga di dukung dengan kualitas sperma yang baik. sebab kualitas sperma yang kurang baik bisa tidak bertahan lama sebelum mencapai sel telur, sehingga meskipun sel telur sudah siap dibuahi tetapi tidak ada sel sperma juga tidak akan terjadi pembuahan. untuk itu sebaiknya menjalani pola hidup sehat salah satu caranya. Menjalani pola hidup sehat dengan makan makanan sehat dan olahraga sehingga kualitas sperma jadi lebih baik. di samping itu dengan pola hidup sehat siklus haid pun akan normal jadi tidak akan sulit untuk mencoba cara menghitung masa subur. Tanda masa subur bisa di lihat dari keputihan yang bening, encer, elastis dan jumlahnya lebih banyak. suhu tubuh pun juga akan lebih meningkat khususnya pada pagi setelah bangun tidur. (By:RM)

Cara Menghitung Masa Subur


=====================================

>>> Alat Uji Masa Subur Ovutest Scope, Cukup Satu Alat Untuk Seumur Hidup! Hasil 98% Akurat dan Cepat, Lebih Praktis Hanya Dengan Air Liur, Klik Detail Disini!
=====================================

This entry was posted in Cara Menghitung Masa Subur Pada Wanita and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.