Menghitung Masa Subur dengan Siklus Haid

Menghitung Masa Subur dengan Siklus HaidSiklus haid merupakan masa dimana rentan sejak dari hari pertama haid sampai hari pertama haid yang selanjutnya. Siklus haid yang teratur adalah setiap 21-35 hari sekali. Dan hari pertama atau hari ke-1 di siklus haid disebut sebagai hari pertama haid terjadi.

Menghitung Masa Subur dengan Siklus Haid

Haid terjadi dimulai dari hari pertama dimana saat dinding rahim meluruh dan kemudian menjadi darah yang keluar lewat vagina. Di masa haid, maka sel telur akan berkembang didalam ovarium. Dan disaat sel telur sudah matang, maka ovarium tadi akan melepaskan sel telur yang sudah matang yang lebih dikenal dengan istilah ovulasi. Biasanya ovulasi terjadi selama 12-14 hari sebelum hari pertama haid berlangsuung. Dan sebenarnya di hari saat terjadi ovulasi bergantuung dari siklus haid Anda. Jika siklus haid Anda pendek misalnya hanya 22 hari saja, maka ovulasi yang terjadi hanya selama beberapa hari setelah haid Anda berakhir. Jadi, saat ovulasi berlangsung antara satu wanita dengan wanita yang lain biasanya berbeda. Untuk itulah, sangat penting untuk Anda dalam mengetahui siklus haid Anda supaya bisa memperkirakan kapan waktu ovulasi.

Menghitung Masa Subur dengan Siklus Haid

Menghitung Masa Subur dengan Siklus Haid

Masa subur Anda biasanya terjadi sekitar waktu ovulasi, diimana kira-kira selama 5 hari sebelum  ovulasi Anda terjadi. Dan biasanya masa subur seorang wanita terjadi 12-16 hari sebelum masa haid selanjutnya. Arti lainnya adalah rata-rata wanita biasanya mengalami masa subur diantara hari ke-10 sampai hari ke-17 sejak dari hari pertama haid yang sebelumnya. Dan hal ini berlaku untuk wanita dengan siklus haid yang teratur selama 28 hari. Tetapi, Menghitung Masa Subur dengan Siklus Haid dibawah ini.

Hal yang menjadi suatu tantangan pada Menghitung Masa Subur dengan Siklus Haid adalah lama dari masa haid wanita yang bisa berubah ubah dari masa ke masa. Dan biasanya berlangsung sekitar 2-7 hari. Kondisi seperti ini menyebabkan ovulasi yang bisa berbeda sepekan atau seminggu lebih cepat dan lebih lambat daripada periode yang selanjutnya.  Dan di sisi lain, selain proses ovulasi, maka kehamilan juga bisa ditentukan dari proses sperma yang menjangkau sel telur. Supaya bisa hamil, maka sel telur yang sudah matang tadi harus dibuahi selama 12-24 jam.

Menghitung Masa Subur dengan Siklus Haid dengan menghitung sendiri periode yang terpendek selama 12-24 jam waktu sel telur untuk dibuahi menyebabkan sangat pentingnya pendeteksian di hari=hari apakah wanita berada di posisi yang subur. Dan biasanya masa subur ini dihitung menurut catatan serta analisis siklus haid Anda selama 8 bulan terakhir.

Dibawah ini adalah Menghitung Masa Subur dengan Siklus Haid dengan perhitungan rumus :

  1. Ketahuilah siklus terpendek Anda. Misalnya adalah 27 hari, maka dikurang 18. Dan hasil yang didapat adalah 9. Angka ini adalah hari pertama dimana Anda sedang dalam masa subur.
  2. Kemudian ketahuilah siklus yang terpanjang Anda. Misalnya adalah selama 30 hari, kemudian dikurangi angka 11. Dan hasil yang didapat adalah 19. Maka angka ini adalah angka terakhir saat Anda sedang dalam masa subur.

Dengan begitu, maka siklus Anda rata-rata adalah 27-30 hari, maka yang paling subur adalah di hari ke-9 sampai ke 19.

Supaya bisa menguatkan Menghitung Masa Subur dengan Siklus Haid diatas maka perhatikanlah Menghitung Masa Subur dengan Siklus Haid dibawah ini secara sederhana :

  1. Suhu basal tubuh yang meningkat
    Suhu basal tubuh merupakan suhu tubuh disaat Anda bangun tidur di pagi hari. Dan suhu normalnya adalah 35,5-36,6 derajat celcius. Tetapi, jika suhu tubuh Anda naik lebih sedikit tinggi dari angka tadi. Maka artinya adalah bahwa Anda mengalami ovulasi dalam 1-2 hari terakhir.
  2. Lendir dari mulut rahim
    lendir yang ada didalam mulut rahim biasanya berbentuk kental, basah, dan semi transparan. Perubahan dari lendir ini biasanya menunjukkan adanya perubahan dari kadar estrogen didalam tubh seorang wanita. Dan menjadi suatu pertanda apakah pvulasi Anda akan segera terjadi. Anda dikatakan sedang dalam masa subur jika warna cairan yang keluar bening,n licin, dan jga elastis mirip seperti putih teluur mentah. Dan cairan inilah yang akan melancarkan atau melindungi jalannya sperma untuk menuju ke tuba fallopi untuk bisa bertemu dengan sel telur.
  3. Nyeri ringan sampai berat di bagian perut dan salah satu bagian punggung
    Beberapa wanita yang merasaKan hal ini biasanya terjadi sekitar di masa ovulasi. Dan rasa sakit yang dirasa ini sebenarnya menjadi salah satu tanda jika Anda sedang dalam masa paling subur.
  4. Perasaan Anda menjadi lebih bergairah
    untuk sebagian wanita biasanya mereka akan merasa lebih bergairah. Dan lebih bersemangat lagi, selain itu juga bisa lebih mudah bersosialisasi disaat sedang dalam masa subur.

Dengan memperkirakan serta Menghitung Masa Subur dengan Siklus Haid, maka Anda akan bisa lebih terbantu dalam program hamil yang Anda rencanakan supaya bisa mengevaluasi kesehatan reproduksi Anda.

Itulah informasi mengenai Menghitung Masa Subur dengan Siklus Haid. Semoga informasi Menghitung Masa Subur dengan Siklus Haid ini bermanfaat untuk Anda semuanya. Terimakasih.

Menghitung Masa Subur dengan Siklus Haid


=====================================

>>> Alat Uji Masa Subur Ovutest Scope, Cukup Satu Alat Untuk Seumur Hidup! Hasil 98% Akurat dan Cepat, Lebih Praktis Hanya Dengan Air Liur, Klik Detail Disini!
=====================================

This entry was posted in Menghitung Masa Subur and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.