Menghitung Masa Subur Wanita

Menghitung masa subur wanita merupakan rutinitas yang sering dilakukan oleh para kaum wanita setiap bulannya untuk mencatat siklus menstruasi yang terjadi setiap 1 bulan sekali. Tujuan menghitung masa subur wanita adalah guna mengetahui masa subur wanita yang menginginkan adanya kesempatan atau peluang mendapatkan kehamilan atau disaat wanita atau istri melakukan aktivitas seksual bersama pasangannya yang memungkinkan adanya kehamilan.

Namun apabila sang istri atau wanita tidak dalam masa subur kecil kemungkinan untuk hamil. Masa subur yang berkaitan erat dengan kehamilan seorang wanita menjadi acuan penting bagi sebuah pasangan dalam menginginkan kehamilan. Cara mudah mengetahui masa subur seorang wanita adalah dengan menghitung siklus menstruasi bulanan dari mulai bulan ini sampai kemudian menstruasi bulan berikutnya. Kesimpulannya masa subur seorang wanita adalah saat 3 hari sebelum dan 14 hari sesudah menstruasi dengan catatan apabila siklus menstruasinya adalah 28 hari, atau 3 hari sebelum dan 15 hari sesudah menstruasi dengan catatan siklus menstruasi adalah 30 hari.

Contoh catatan tanggalan mesntruasi dan masa subur wanita

Sebenarnya mencatat siklus menstruasi setiap bulannya sangatlah penting untuk mengetahui masa subur wanita dengan begitu wanita atau istri dan pasangan dapat melakukan hubungan seksual saat masa subur wanita, sehingga peluang atau kesempatan mendapatkan kehamilan semakin besar. Saat masa subur tiba, masa ovulasi pun berkembang dimana indung telur akan melepas sel telur untuk menuju saluran telur yang akan siap dibuahi. Sel telur wanita hanya dapat bertahan hidup selama 1 hari sedangkan sel sperma dapat bertahan hingga 2 hari sejak masa ovulasi tiba.

Namun memang perhitungan masa subur wanita terkadang sering meleset karena ketika sang wanita atau istri tidak sedang dalam masa subur masih tetap dapat hamil setelah melakukan aktivitas seksual. Akan tetapi tak ada salahnya mencatat setiap siklus menstruasi yang dialaminya setiap 1 bulan sekali. Perhitungan masa subur ini juga sering digunakan oleh pasangan suami istri untuk menunda dan mencegah kehamilan dengan alasan program KB (keluarga Berencana). Sehingga tak sedikit wanita meski dalam masa subur menggunakan alat kontrasepsi untuk menghindari terjadinya kehamilan dengan alasan berbagai faktor, namun semua itu pastinya harus dengan kesepakatan bersama.

Bagi pasangan yang baru menikah ada baiknya menggunakan metode atau cara sederhana dengan mencatat siklus menstruasi setiap bulannya agar diketahuinya masa subur yang tepat untuk mendatangkan kehamilan yang mungkin diinginkan.


=====================================

>>> Alat Uji Masa Subur Ovutest Scope, Cukup Satu Alat Untuk Seumur Hidup! Hasil 98% Akurat dan Cepat, Lebih Praktis Hanya Dengan Air Liur, Klik Detail Disini!
=====================================

This entry was posted in Menghitung Masa Subur and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>